Viral Momen Dokter Tetap Lanjut Operasi Otak demi Selamatkan Pasien saat Gempa

Sugeng rawuh Ebadi di Portal Ini!

Jakarta – Viral Momen Dokter Tetap Lanjut Operasi Otak demi Selamatkan Pasien saat Gempa

Seorang ahli bedah dan timnya di Tiongkok mendapat pujian setelah menyelamatkan pasiennya. Mereka berhasil menyelesaikan operasi otak pasien terkait guncangan akibat gempa berkekuatan 7,1 skala Richter yang terjadi di China bulan lalu. Mata Merah Efek Gas Air Mata Tragedi Kanjuruhan Belum Hilang, Mantan Menkes Nila Moeloek Angkat Bicara

Saat itu, seorang ahli saraf bernama An Shufang menjalani operasi kraniotomi pada pukul 2 waktu setempat pada tanggal 23 Januari 2024. Pada saat yang sama, gempa bumi kuat terjadi di Daerah Otonomi Xianjiang.

Meski gempa masih terjadi, An dan tim berhasil menyelesaikan operasi dengan baik. Berdasarkan rekaman CCTV, An terlihat berada di samping meja operasi saat terjadi gempa dan ruangan berguncang.

Seorang petugas kesehatan mulai menangis. Setelah gempa bumi, petugas kesehatan menghentikan pekerjaan mereka.

“Tetap tenang, tenang,” kata An kepada kelompok tersebut, seperti dikutip South China Morning Post, Selasa (6/2/2024).

Saat gempa semakin parah, An berdiri di meja operasi dan meminta timnya untuk tidak panik. Timnya mulai khawatir ruang operasi akan runtuh sewaktu-waktu.

Saat guncangan gempa mulai mereda, ia tetap bertekad menyelesaikan operasi. Ia dan timnya mulai melanjutkan prosedur tersebut, meski ada risiko gempa susulan dan ia harus mengakhirinya.

“Saya harus menyelamatkan pasien, jadi saya harus tetap di sini meski ada gempa,” kata An.

“Sebagai dokter, kami pastikan kami mengutamakan pasien,” tutupnya. Viral Momen Dokter Tetap Lanjut Operasi Otak demi Selamatkan Pasien saat Gempa

Berkat aksi heroiknya tersebut, An dan timnya mendapat banyak pujian secara online. Video tersebut ditonton 2,3 juta kali dan 7.000 komentar di Douyin. Banyak yang memuji dokter dan timnya. “Populasi Tiongkok menurun, mengapa masyarakat enggan memiliki anak?” tonton videonya. (sao/kna)