Truk Terguling di Tanjakan Batu Jomba, Warganet Salahkan Sopir

Selamat datang Ebadi di Situs Kami!

Sumatera – Baru-baru ini terjadi kecelakaan truk bertabrakan di lereng Batu Jomba, Sumatera Utara. Akibat kejadian tersebut, truk tersebut menuruni bukit dan menabrak dua kendaraan alat berat di belakangnya. Truk Terguling di Tanjakan Batu Jomba, Warganet Salahkan Sopir

Dalam video yang viral di media sosial, terlihat truk ODOL (Over Dimension Over Loading) sedang mendaki bukit yang agak terjal. Video tersebut diunggah di laman Instagram @Memomedsos_official, dikutip Ebadi Otomotif pada Rabu 27 Desember 2023. Hati-Hati Rem Tangan Tersangkut Saat Mobil Ditinggal Lama

Truk berwarna kuning itu pun terlihat berhenti sejenak dan pengemudinya turun dari mobil. Alih-alih berhenti, truk malah terjungkal di jalan hingga terbalik dan menabrak dua kendaraan alat berat di belakangnya.

Tanpa mengutarakan kekhawatirannya, netizen yang menonton video tersebut malah mengumpat sang pengemudi yang memutuskan keluar dari truk dan menyebabkan kecelakaan.

“Sungguh sia-sia merekrut orang seperti itu ke dalam perusahaan. Meski sempat mengerem, perlahan ia melaju. Ternyata sebelum dia melepas rem, dia masih mengerem dan truknya masih bisa bertahan,” kata jaringan tersebut.

“Kenapa supirnya pergi?” tulis netizen lainnya.

Selain komentar-komentar merugikan yang dilontarkan netizen kepada pengemudi, muncul pula beberapa netizen lain yang menyatakan sering terjadi kecelakaan di lokasi ramp.

“Jalannya sering menimbulkan kecelakaan, tapi tidak diperbaiki,” kata salah satu warganet.

Terkait hal tersebut, Prasetyo Adhi Wibowo selaku pemilik Bengkel Bus dan Truk ASNpro mengungkapkan, tidak semua kecelakaan truk yang tergelincir karena kesalahan pengemudi, masih ada beberapa penyebab lainnya.

“Pengemudi truk mungkin kurang pengalaman di jalan, tapi ada faktor lain yang bisa menyebabkan kecelakaan itu,” kata Adi saat dihubungi Ebadi Otomotif. Truk Terguling di Tanjakan Batu Jomba, Warganet Salahkan Sopir

“Itulah yang saya lihat. Truk itu mungkin aneh. Bebannya cukup besar sehingga jika sulit menanjak bisa juga karena kemiringannya yang terlalu curam atau bergelombang. Oleh karena itu, meski pengemudi menggunakan rem tangan atau rem kaki, ada risiko truk selip, jelasnya.

Menurut Adhi, untuk mencegah truk tergelincir, pengemudi bisa memindahkan gigi ke gigi lebih rendah saat berkendara menanjak. Jelang Pilkada 14 Februari, Enam Truk Bawa Kotak Suara Dikirim ke Pelalawan Riau Enam Truk Bawa Logistik Kotak Suara Dikirim ke Kabupaten Pelalawan di Riau Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 Ebadi 11 Februari, 2024 .