Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Ini 6 Perbedaan SNBP dan SPAN PTKIN

Sugeng rawuh Ebadi di Website Kami!

JAKARTA – Inilah 6 perbedaan SNBP dan SPAN PTKIN yang perlu diketahui calon mahasiswa. Apakah Anda calon pelajar yang mendaftar pada tahun 2024? Ada beberapa informasi dasar yang perlu Anda ketahui. Salah satu jenis seleksi adalah penerimaan universitas. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Ini 6 Perbedaan SNBP dan SPAN PTKIN

Seleksi untuk masuk perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi ada banyak jenisnya, salah satunya adalah Seleksi Nasional Berbasis Merit (NSBP). Selain SNBP, ternyata ada jalur lain menuju perguruan tinggi, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi Akademik (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Lalu apa bedanya dengan SNBP? Untuk menjawabnya, artikel akun Instagram @dalamptn kali ini akan mengulas perbedaan keduanya, yuk simak!

6 Perbedaan SNBP dan SPAN PTKIN Ini Cara Cek Formasi CPNS 2023 di SSCASN BKN

1. Persyaratan

SNBP dan SPAN PTKIN memiliki kesamaan dalam hal pembuatan akun. Hanya saja letaknya di seberang atau di tempat lain.

Pada SNBP wajib membuat akun siswa SNPMB, SNPMB dan PDSS hasil akademik siswa yang harus disediakan pada situs atau website pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Sedangkan untuk SPAN PTKIN membuat akun mahasiswa SPAN PTKIN dan nilai PDSS mahasiswa diisi di pdss.span-ptkin.ac.id.

2. Penyelenggara

SNBP atau Seleksi Nasional Berbasis Prestasi mempunyai penyelenggara yang berbeda dengan SPAN PTKIN. SNBP diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau Kemendikbudristek. Sedangkan SPAN PTKIN menyelenggarakan Kementerian Agama atau sering disebut Kementerian Agama.

3. Kurikulum dan Kampus

SNBP dan SPAN PTKIN memiliki persyaratan yang berbeda mengenai pilihan program studi atau program studi dan kampus. Di SNBP, mahasiswa dapat memilih program studi umum seperti ekonomi atau komunikasi.

Kampus yang dipilih mahasiswa di SNBP adalah PTN atau Universitas Negeri dan juga mencakup UIN dan Politeknik.

Sedangkan untuk SPAN PTKIN, mahasiswa hanya dapat memilih program studi agama seperti Ekonomi Syariah, Komunikasi dan Penyiaran Islam, dan lain-lain. Kampus yang dipilih mahasiswa di SPAN PTKIN juga terbatas yaitu UIN, IAIN dan STAIN.

4. Kalender

Pendaftaran SNBP berlangsung pada tanggal 14 hingga 28 Februari 2024 dan diumumkan hasilnya pada tanggal 26 Maret 2024. Pendaftaran SPAN PTKIN dilaksanakan pada tanggal 12 Februari hingga 15 Maret 2024 dan diumumkan hasilnya pada tanggal 2 April 2024.

5. Beasiswa KIPK Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Ini 6 Perbedaan SNBP dan SPAN PTKIN

Pendaftaran SNBP menggunakan KIPK (Kartu Indonesia Pintar Perguruan Tinggi) dilakukan di website kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pendaftaran SPAN PTKIN juga dapat digunakan oleh KIPK dan dilakukan di website kip-kuliah.kemenag.go.id.

6. Kuota sekolah

SNBP bagi siswa yang memenuhi syarat, kuota dalam SNBP berbeda-beda tergantung akreditasi sekolah. A sampai 40%, B 25% dan C hanya 5%. Sedangkan untuk SPAN PTKIN besarannya tidak tetap atau tidak ada batasan minimal dan maksimal.