Peringkat Utang Israel Diturunkan Gegara Konflik Masih Lanjut

Selamat datang Ebadi di Portal Ini!

Jakarta – Peringkat Utang Israel Diturunkan Gegara Konflik Masih Lanjut

Bank Mandiri Targetkan Penyaluran Kredit hingga 15 Persen pada 2024

Moody’s Investors Service menurunkan peringkat kredit atau utang Israel dari A1 menjadi A2. Hal ini disebut-sebut akan menjadi beban ekonomi negara dalam jangka panjang akibat perang yang masih berlangsung antara Israel dan Hamas.

Keputusan itu diambil karena penilaian bahwa konflik militer yang sedang berlangsung dengan Hamas, dampaknya dan konsekuensi yang lebih luas secara signifikan meningkatkan risiko politik bagi Israel dan melemahkan lembaga administratif dan legislatif serta kekuatan finansialnya di masa mendatang, kata Moody’s, mengutip CNN. , Sabtu (10/02/2024).

Sebelumnya, pada pertengahan Oktober, Moody’s memperingatkan bahwa peringkat kredit Israel berisiko diturunkan peringkatnya. Penurunan peringkat ke A2 dianggap layak investasi, namun penurunan peringkat tersebut membuat Israel lebih mahal untuk meminjam.

Alasan lain penurunan peringkat Moody’s adalah proyeksi peningkatan defisit anggaran Israel akibat peningkatan belanja militer. Pada akhir tahun 2024, anggaran pertahanan Israel akan meningkat hampir dua kali lipat dari tahun 2022. Kemungkinan besar akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang. Peringkat Utang Israel Diturunkan Gegara Konflik Masih Lanjut

Kutipan dari website Bank Indonesia (BI) Peringkat kredit atau credit rating adalah penilaian yang dilakukan oleh lembaga pemeringkat untuk menggambarkan kondisi keuangan suatu perusahaan atau kemampuan suatu perusahaan atau pemerintah dalam memenuhi kewajiban/kelayakan kreditnya secara tepat waktu. (gambar/gambar)