Penjualan Mobil Jepang Anjlok Imbas Skandal Daihatsu

Sugeng rawuh Ebadi di Situs Kami!

Jakarta – Penjualan Mobil Jepang Anjlok Imbas Skandal Daihatsu

Pada Januari 2024, penjualan mobil baru di Jepang turun. Penjualan mobil anjlok setelah terungkapnya skandal Daihatsu sehingga memaksa pengiriman kendaraan ditunda. Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 10 Januari 2024

Penjualan mobil baru di Jepang turun 12,4 persen pada bulan Januari dibandingkan tahun sebelumnya, kantor berita Kyodo melaporkan. Menurut angka industri, hanya 334,838 mobil yang terjual bulan lalu.

Ini merupakan penurunan penjualan pertama dalam 17 bulan. Salah satunya adalah Daihatsu Motor Co. Menghentikan pengiriman mobil. Penjualan mobil kecil anjlok setelah skandal kecurangan tes keselamatan

Penjualan kendaraan kecil yang mayoritas sahamnya dimiliki Daihatsu turun 22,9 persen menjadi 117.912 unit. Angka tersebut terendah sejak data pembanding dimulai pada tahun 1999, menurut Asosiasi Kendaraan Bermotor Ringan dan Sepeda Motor Jepang.

Penjualan mobil kecil Daihatsu turun 62,2 persen menjadi 19.346 unit. Toyota dan Subaru Corp juga mengalami penurunan penjualan masing-masing sebesar 51,2 persen dan 64,3 persen, karena semakin banyak model mereka yang dibuat oleh Daihatsu dan mereka menghadapi penghentian pengiriman.

“Patokan minivan saat ini ditetapkan pada bulan Oktober 1998, dan angka penjualan bulan Januari adalah yang terendah sejak saat itu,” kata asosiasi tersebut.

Penjualan mobil baru selain Mini turun 5,5 persen menjadi 216.926, menurut Asosiasi Dealer Mobil Jepang. Daihatsu turun 69,5 persen menjadi 897 mobil dan Toyota turun 14,4 persen menjadi 103.975 mobil.

Angka-angka terbaru ini diumumkan karena Daihatsu tidak dapat mengirimkan mobilnya sepanjang Januari. Merek yang berada di bawah payung Toyota Group ini merupakan salah satu produsen kendaraan mini terbesar di Jepang.

Daihatsu menghentikan pengiriman masuk dan keluar Jepang pada bulan Desember. Pada saat itu, penyelidikan pihak ketiga menemukan bahwa sebagian besar mobilnya telah dikompromikan dalam uji keselamatan. Penjualan Mobil Jepang Anjlok Imbas Skandal Daihatsu

Produsen mobil tersebut telah mengumumkan bahwa mereka akan melanjutkan sebagian produksinya di Jepang pada 12 Februari dan memulai pengiriman domestik mulai Senin. Kementerian Transportasi Jepang telah mencabut larangan pengiriman sebagian besar kendaraan yang terkena dampak skandal tersebut.

Daihatsu juga kembali beroperasi di Indonesia dan Malaysia pada bulan Desember setelah mendapat persetujuan dari otoritas setempat. “Penjualan mobil Jepang mulai turun di China, bagaimana jadinya?” Tonton video (rgr/kering)