Pemeran Hagrid Seri Harry Potter Robbie Coltrane Meninggal, Kenali Penyakit Osteoarthritis yang Dialaminya

Selamat datang Ebadi di Website Kami!

Ebadi – Sebelum meninggal, Robbie Coltrane yang berperan sebagai Hagrid di film Harry Potter dikabarkan telah menderita osteoartritis atau pengapuran sendi selama bertahun-tahun sehingga harus menggunakan tongkat dan kursi roda untuk bepergian. Pemeran Hagrid Seri Harry Potter Robbie Coltrane Meninggal, Kenali Penyakit Osteoarthritis yang Dialaminya

Sekadar informasi, Coltrane meninggal dunia pada Jumat, 14 Oktober 2022 di usia 72 tahun. Pria yang juga membintangi dua film James Bond ini mengaku terus-menerus merasakan sakit hingga berujung pada kecacatan karena menderita osteoartritis dan diumumkan pada tahun 2022. 2016.

“Saya kesakitan terus-menerus sepanjang hari. Saya menjalani operasi eksplorasi dan mereka menemukan tidak ada tulang rawan di lutut saya karena hancur total,” kata Coltrane kepada Insider, Sabtu (15/10/2022) dikutip.

Bahkan, ia pernah menahan rasa sakit selama 24 jam atau seharian penuh saat syuting film Great Expectations tahun 2012 dan drama National Treasure tahun 2016. Kemenkes dan BPOM Segera Tarik Produk Obat Sirup yang Mengandung Zat Berbahaya

Menurut Hay Health, osteoartritis atau OA merupakan penyakit peradangan sendi yang paling umum terjadi dan dapat menyebabkan nyeri serta kaku pada sendi sehingga dapat mengganggu aktivitas.

Penyakit ini disebabkan oleh rusaknya tulang rawan, yaitu bantalan lunak yang melindungi ujung tulang. Kondisi ini menyebabkan nyeri atau nyeri tekan dan kaku pada persendian.

Osteoarthritis tidak hanya menyerang kaki, namun juga dapat menyerang persendian seluruh bagian tubuh. Namun lebih sering terjadi pada tangan atau jari, lutut, pinggul, dan tulang belakang.

Faktor risiko osteoartritis

1. Jenis kelamin perempuan

Belum diketahui apa penyebabnya. Namun sebagian besar kasus osteoartritis dialami oleh wanita sehingga lebih berisiko dibandingkan pria.

2. Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas memberikan tekanan lebih besar pada persendian untuk menopang beban tubuh, terutama pinggul dan lutut.

Selain itu, jaringan lemak juga menghasilkan protein yang menyebabkan peradangan di dalam dan sekitar sendi.

3. Trauma atau cedera

Orang dengan riwayat trauma atau cedera saat berolahraga atau kecelakaan mungkin memiliki peningkatan risiko osteoartritis. Faktanya, meski lukanya sudah sembuh, tetap saja menyebabkan pengapuran sendi di kemudian hari.

4. Stres berulang pada persendian Pemeran Hagrid Seri Harry Potter Robbie Coltrane Meninggal, Kenali Penyakit Osteoarthritis yang Dialaminya

Jika Anda memiliki pekerjaan atau olahraga tertentu yang berulang kali dan terus menerus memberikan tekanan pada sendi, sendi ini dapat terkena osteoartritis di kemudian hari.

5. Keturunan atau genetik

Osteoartritis merupakan penyakit yang dapat diturunkan dalam keluarga, meski penelitian belum mengidentifikasi gen mana yang diturunkan.

Namun, mereka yang memiliki anggota keluarga dengan OA lebih mungkin terkena penyakit ini di masa depan.