Olahraga 5BX Disebut Jadi Kunci Kebugaran Raja Charles III, Apa Itu?

Selamat datang Ebadi di Situs Kami!

Ebadi, JAKARTA – Raja Charles III berupaya keras menjaga tubuhnya tetap terlihat bagus meski di usia 75 tahun. Termasuk, rutin melakukan latihan 5BX. Olahraga 5BX Disebut Jadi Kunci Kebugaran Raja Charles III, Apa Itu?

Kemenkes Ungkap Hasil Investigasi Gagal Ginjal Akut Misterius: Ada 3 Zat Kimia Berbahaya di Tubuh Pasien Anak, Apa Saja?

Menurut New York Post Kamis (8/2/2024), Charles III adalah penggemar berat latihan 5BX, latihan 11 menit untuk Angkatan Udara Kanada pada akhir tahun 1950-an. Kegiatan ini diciptakan oleh Bill Orban, seorang mahasiswa yang mengembangkan program untuk membantu tentara menjaga tingkat aktivitas fisik yang sehat, meski dengan waktu latihan yang terbatas.

Dalam beberapa dekade sejak didirikan, 5BX juga telah dibuat oleh orang-orang di luar militer, termasuk ayah Charles, Pangeran Philip, yang bertugas penuh waktu dan hidup hingga usia 99 tahun. Charles, yang bertugas di Royal Air Force dan Royal Navy, memulai dan mengakhiri harinya dengan melakukan 5BX, yang terdiri dari lima gerakan berbeda.

Empat gerakan latihan dirancang untuk meningkatkan kelenturan dan kebugaran jasmani, dan kelima untuk meningkatkan kebugaran aerobik. Langkah pertama adalah meregangkan dan menyentuh jari-jari kaki sebelum mengangkat tubuh dan mengangkat tangan ke lantai. Gerakan tersebut sebaiknya diulangi selama dua menit dan dilakukan secara perlahan.

Gerakan kedua adalah sit-up yang dilakukan dalam waktu 60 detik. Sedangkan yang ketiga adalah dengan meregangkan punggung atau berbaring tengkurap, angkat tangan dan kaki sebelum menurunkannya. Tindakan ini diulangi lagi selama 60 detik. Gerakan keempat adalah push up yang dilakukan tanpa henti selama satu menit. Latihan 5BX diakhiri dengan enam menit lari di tempat untuk meningkatkan kapasitas aerobik.

5BX dirancang untuk orang-orang dengan semua kemampuan. Ada enam tingkat kebugaran berbeda, masing-masing dengan tingkat latihan berbeda.

Level pertama, misalnya, dirancang untuk sit-up, push-up, dan peregangan ringan. Pada saat yang sama, bagian keenam ideal untuk atlet dengan kekuatan fisik dan ketangkasan. Tidak diketahui apakah posisi 5BX selalu dipegang oleh Raja Charles III. Olahraga 5BX Disebut Jadi Kunci Kebugaran Raja Charles III, Apa Itu?

Selain olahraga teratur, Charles III juga menikmati menunggang kuda, hiking, dan mendayung, yang membuatnya tetap bugar. Ia juga mengikuti pola makan sehat dan tidak banyak minum alkohol. Meski saat ini ia menderita kanker, seorang anggota kerajaan mengungkapkan bahwa gaya hidup Raja Charles III yang sehat dan aktif dapat membantunya melawan penyakit tersebut.