Menko Luhut Angkat Bicara soal Baterai LFP Tesla

Wecome Ebadi di Situs Kami!

Jakarta, 25 Januari 2024 – Dalam debat calon wakil presiden yang berlangsung pada 21 Januari lalu, salah satu topik yang menjadi pusat perhatian publik adalah pernyataan calon wakil presiden kedua, Gibran Rakabuming Raka yang membahas mengenai LFP. . Menko Luhut Angkat Bicara soal Baterai LFP Tesla

Menurut Gibran, salah satu anggota tim pemenangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Thomas Lembong, pernah mengklaim mobil listrik Tesla yang diproduksi di pabrik di Shanghai, China, menggunakan baterai LFP. Mobil Ini Bisa Hemat Uang Bensin hingga 87 Persen

LFP sendiri merupakan kependekan dari lithium iron phosphate, suatu unsur kimia yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan aki mobil listrik. Teknologi ini tidak menggunakan nikel, produk pertambangan yang kini menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia.

Pernyataan Tom Lembong, mantan Menteri Perdagangan, juga membahas masa depan nikel yang dinilai kurang menjanjikan karena harganya yang terus melemah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membantah pernyataan Tom Lembong yang menyebut anjloknya harga nikel akibat program hilirisasi nekat yang dilakukan pemerintah Indonesia.

Dalam keterangannya yang diposting di akun Instagram resminya, Menko Luhut mengatakan harga nikel global mengalami fluktuasi, namun secara umum mengikuti tren normal.

“Kalau kita lihat rata-rata harga 10 tahun terakhir, sejak tahun 2014, harga rata-rata nikel dunia adalah 15 ribu dolar, masih di bawah harga saat ini. Bahkan pada periode 2014-2019, saat kita memulai periode hilirisasi di tahun 2014. “Harga nikel rata-rata global hanya 12.000 dollar AS,” ujarnya, dikutip Ebadi Otomotif.

Luhut juga memaparkan data ekspor produk nikel Indonesia yang menunjukkan nilai ekspor terus meningkat meski produksi nikel Indonesia juga meningkat.

Data ekspor turunan nikel periode Januari-November 2023 sebesar 31,30 miliar dolar, meningkat 0,6% dibandingkan ekspor periode yang sama tahun 2022 yakni sebesar 31,13 miliar dolar, ujarnya.

Selain itu, Luhut juga membantah klaim Tom Lembong yang menyebut pabrik Tesla di Shanghai menggunakan baterai LFP 100 persen untuk mobil listriknya. Menurut Luhut, pabrik Tesla di Shanghai masih menggunakan baterai berbasis nikel yang dipasok LG. Menko Luhut Angkat Bicara soal Baterai LFP Tesla

Selain itu, masyarakat juga perlu mengetahui bahwa baterai lithium yang berbahan dasar nikel bisa didaur ulang, sedangkan baterai LFP selama ini belum bisa didaur ulang, kata Luhut. Tom Lembong menilai kinerja dan hasil mengejutkan Jokowi. Juru bicara sekaligus kapten tim pemenangan pasangan AMIN Anies dan Muhaimin, Tom Lembong baru-baru ini tampil di podcast Curhat Bang Denny Sumargo. Ebadi pada 12 Februari 2024