Menguak Teknologi PLTS Terapung Cirata

Selamat datang Ebadi di Portal Ini!

Purwakarta, 7 Desember 2023 – PLTS Terapung Cirata merupakan PLTS terapung terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia. PLTS ini dibangun di Waduk Cirata, Jawa Barat dan mampu menyuplai listrik ke sekitar 50.000 rumah. Menguak Teknologi PLTS Terapung Cirata

PLTS Terapung Cirata merupakan proyek kolaborasi pemerintah Indonesia melalui PT PLN Nusantara Power dan Masdar, grup energi terbarukan yang berbasis di Abu Dhabi. 5 Negara Penghasil Wanita Tercantik di Dunia, Adakah Indonesia?

PLTS ini menggunakan teknologi mutakhir dari ABB, perusahaan global di bidang elektrifikasi dan otomasi. Mereka berhasil memasang, menguji, dan mengoperasikan switchgear primer tegangan menengah berinsulasi udara dengan kapasitas puncak 192 megawatt (MWp), hampir 30 kali lipat kapasitas pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di Eropa.

Jangkar dan tambatan yang digunakan mencapai kedalaman 100 meter, terdalam di dunia. Seharusnya bisa mengeluarkan 214.000 ton karbon dioksida setiap tahunnya berkat keberadaan PLTS terapung ini.

“Kami bangga menjadi bagian dari proyek ini, yang tidak hanya strategis bagi pemerintah Indonesia, namun juga memberikan sinyal positif bagi perekonomian global lainnya,” kata Ken Yap, wakil presiden komersial bisnis Elektrifikasi ABB di Indonesia. , dikutip Ebadi Tekno dari siaran pers resminya.

PLTS terapung Cirata menghasilkan pasokan listrik yang andal, efisien, dan bersih. PLTS ini tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca sehingga dapat membantu Indonesia mencapai target energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025.

Selain itu, PLTS terapung Cirata memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. PLTS ini menciptakan lebih dari 1.400 lapangan kerja selama proses konstruksi.

Pemerintah Indonesia berencana menambah 60 instalasi fotovoltaik terapung, seperti pembangkit listrik Cirata, untuk mencapai target 23% energi terbarukan pada tahun 2025. Menguak Teknologi PLTS Terapung Cirata

Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya terapung, didukung oleh 100 waduk dan 521 danau alami yang tersebar di seluruh tanah air.

PLTS terapung Cirata merupakan proyek penting bagi Indonesia dalam upaya mencapai tujuan energi terbarukan. PLTS ini juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal dan berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Masa Tenang Pemilu 2024, Bawaslu Sumut Tekankan Kampanye Rahasia dengan Berbagai Metode Bawaslu Sumut dan jajarannya menekankan dan mengawasi kegiatan kampanye rahasia yang dilakukan dengan berbagai metode. Ebadi 12 Februari 2024