Kemendikbudristek Larang Sekolah Tes Calistung PPDB

Wecome Ebadi di Portal Ini!

Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Kemendikbudristek) melarang sekolah menyelenggarakan tes membaca dan menulis (calistung) kepada siswa baru pada saat pendaftaran siswa baru (PPDB). Kemendikbudristek Larang Sekolah Tes Calistung PPDB

“Ujian latihan dilarang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru,” kata Koordinator Satgas Kemitraan dan Penindakan Komunitas PAUD GTK itu. Komarudin Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Petunjuk Teknis (bimtek) peralihan dari PAUD ke SD di Biak, Papua, Kamis 22 Juni 2023. Universitas MH Thamrin Resmikan Pusat OSCE

Dikatakannya, bukan berarti calistung tidak penting untuk diajarkan di PAUD, karena sekolah dan belajar bukanlah sebuah hasil, melainkan sebuah proses.

Komarudin mengatakan perlunya transisi pendidikan yang menyenangkan dari PAUD ke SD agar tidak ada lagi kesalahpahaman bahwa anak harus menguasai calistung di jenjang PAUD.

“Saat ini kriteria anak masuk SD sebenarnya tes klistung. Dengan adanya aturan tersebut, harapannya satuan pendidikan tidak mulai memberikan tes klistung kepada siswa baru SD,” ujarnya.

Komarudin mengatakan, Kemendikbud menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah (Pemkab) Biak Numfor, Himpaud, Dinas Pendidikan dan ibu PAUD Biak Ruth Naomi Rumkab yang telah mendukung program bimbingan teknis transisi guru PAUD Biak Numfor. Daerah.

“Di tempat lain kegiatannya masih dalam tahap negosiasi, namun di Kabupaten Biak Numfor program ini sudah berjalan dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, ibu PAUD Biak Ruth Naomi Rumkabu telah berpesan kepada peserta JKT Transisi PAUD untuk mengikuti materi pembelajaran selama lima hari, 23-28. Juni 2023 sampai selesai.

“Kegiatan ini akan memberikan dampak yang sangat besar bagi para guru PAUD dan SD dalam mensukseskan anak-anak Biak yang sehat, cerdas dan cerdas serta sadar akan visi dan misi Biak dari segi agama, akhlak dan budaya,” harap Ruth, yang juga Presiden Himpaud Biak.

Sementara itu, staf ahli Bupati Biak Tinneke Mansnembra mengaku pemerintah daerah akan terus meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya dengan petunjuk teknis peralihan dari PAUD ke SD. Kemendikbudristek Larang Sekolah Tes Calistung PPDB

“Pemerintah Kabupaten Biak Numfor berharap para peserta bimtek peralihan PAUD ke SD bisa mendapatkan banyak ilmu untuk membekali guru dengan langkah-langkah mengelola proses belajar anak,” ujarnya.

Dian Panjaitan, ketua Komite Pembina Teknis Peralihan Sekolah Dasar PAUD Biak, mengatakan 50 peserta yang mewakili PAUD, guru sekolah dasar, komite sekolah dan organisasi pendidikan setempat menghadiri bimbingan teknis tersebut. (Ant) Dukung Kampanye Sekolah Sehat, Siswa Didorong Pola Hidup Aktif – Jaga Kesehatan Mental Kesadaran akan pola hidup sehat siswa merupakan hal yang penting bagi setiap institusi pendidikan. Kesehatan merupakan salah satu indikator kualitas pendidikan. Ebadi 3 Februari 2024