Kabar PHK Terbaru, Google Bersiap Pangkas Ratusan Karyawan

Wecome Ebadi di Portal Ini!

Ebadi – Untuk menekan biaya operasional, Google mengumumkan PHK ratusan karyawan di beberapa departemen. Kabar PHK Terbaru, Google Bersiap Pangkas Ratusan Karyawan

Google mengatakan akan memberhentikan ratusan karyawan di grup Voice Assistant-nya, sementara ratusan pekerjaan diberhentikan dari tim perangkat keras yang bertanggung jawab atas Pixel, Nest, dan Fitbit.

Baca Juga: Google bermitra dengan Samsung untuk memperkenalkan fitur berbagi cepat

Sebagian besar tim augmented reality (AR) juga telah diberhentikan, Reuters melaporkan pada hari Kamis. Mahasiswa Unair Juara I Kompetisi Proyek Sosial Innovator’s Race

Ratusan posisi di tim teknik inti raksasa pencarian itu juga terkena dampaknya.

Baca juga: Google Menghadapi Gugatan dari Ilmuwan Komputer

Sementara itu, pendiri Fitbit James Park dan Eric Friedman telah keluar dari perusahaan.

Google mengakuisisi perusahaan pelacak kesehatan dan kebugaran Fitbit senilai $2,1 miliar atau sekitar Rp 32 triliun pada tahun 2021, namun tetap merilis Pixel Watch versi baru, produk yang bersaing dengan beberapa perangkat Fitbit serta Apple Watch.

Baca Juga: Banyak Pegawai Terhormat Disebut Dipecat, Pimpinan K2 Ungkap Datanya, DPR Tak Boleh Diam

“Selama paruh kedua tahun 2023, beberapa tim kami melakukan perubahan agar lebih efisien dan efektif, serta menyelaraskan sumber daya mereka dengan prioritas tertinggi produk,” kata pemimpin Google dalam sebuah pernyataan.

“Beberapa tim terus melakukan perubahan organisasi seperti ini, termasuk menghilangkan sebagian tanggung jawab global.”

Juru bicara itu tidak mengatakan berapa banyak posisi yang terkena dampaknya. Masih belum jelas berapa banyak orang yang terlibat dengan perangkat lunak Asisten Google dan anggota tim lainnya.

Reorganisasi beberapa tim terjadi pada saat perusahaan, seperti Microsoft dan Google, bertaruh pada peningkatan penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) setelah kesuksesan ChatGPT OpenAI.

Tahun lalu, Google mengumumkan rencana untuk menambahkan kemampuan AI pada asisten virtualnya. Kabar PHK Terbaru, Google Bersiap Pangkas Ratusan Karyawan

AI akan memungkinkan asisten melakukan hal-hal seperti membantu orang merencanakan perjalanan, atau menerima email dan mengajukan pertanyaan lanjutan.

Pada bulan Januari 2023, Alphabet mengumumkan rencana untuk memangkas 12.000 pekerjaan, setara dengan 6% dari tenaga kerja globalnya. Pada September 2023, Alphabet mempekerjakan 182.381 orang di seluruh dunia. (Reuters/Jepang)

Baca artikel lainnya… Tekankan pada korban penggusuran, ini saran Poan kepada pemerintah.