Ini 3 Mesin Tempur Buatan China yang Dipakai Pakistan untuk Serang Iran

Wecome Ebadi di Portal Ini!

JAKARTA – Pakistan banyak menggunakan senjata China dalam serangan udara terhadap Iran. Beberapa pesawat yang terlihat adalah pesawat tempur F-17 Thunder, J-10C Vigorous Dragon, dan kendaraan udara tak berawak Wing Loong II. Ini 3 Mesin Tempur Buatan China yang Dipakai Pakistan untuk Serang Iran

Belakangan ini, ketegangan antara Pakistan dan Iran juga meningkat. Kedua negara mayoritas Muslim tersebut diketahui saling bertukar serangan udara selama beberapa waktu.

Mengutip EurAsian Times, Sabtu (20/1/2024), beberapa laporan menyebutkan Angkatan Udara Pakistan melancarkan serangan udara di beberapa wilayah Iran. Dalam penyerangan ini, Islamabad diketahui banyak menggunakan senjata Tiongkok. Ini beberapa.

Senjata China yang digunakan Pakistan untuk menyerang Iran JF-17 Thunder Laba Bersih Indosat Catatkan Rekor

JF-17 Thunder adalah jet tempur multi-peran bermesin tunggal. Dalam pelayanannya, pesawat ini merupakan salah satu pilar Angkatan Udara Pakistan (PAF).

Sejak diadopsi oleh PAF pada tahun 2007, JF-17 telah mengalami banyak perbaikan. Pesawat tempur ini dapat mencapai ketinggian layanan 50.000 kaki dan kecepatan maksimum 1.200 mph.

Secara desain, JF-17 dimaksudkan sebagai jet tempur multiperan. Pesawat ini dapat melakukan banyak tugas, seperti serangan darat dan intersepsi udara.

Dari segi persenjataan, JF-17 dibekali meriam 23mm dan kembar. Selain itu, ada tujuh area kesulitan yang bisa diisi dengan senjata jenis lain seperti misil atau bom berpemandu.

J-10C

Pakistan menyebut pesawat Tiongkok ini sebagai “Naga dari Timur”. Pesawat ini telah dimasukkan ke dalam armada Angkatan Udara Pakistan (PAF) mulai Maret 2022 untuk bersaing dengan jet tempur Rafale yang digunakan India.

Dari segi kualitas, J-10C “Vigorous Dragon” disebut lebih canggih dari segi aerodinamis dan avionik dibandingkan JF-17. Dari segi fitur, jet tempur ini memiliki banyak fitur penting, seperti pelacakan inframerah dan radar AESA.

Keunggulan lain J-10C adalah kemampuannya beroperasi di segala kondisi cuaca. Selain itu, pesawat ini juga dapat membawa berbagai rudal udara-ke-udara generasi ke-4. Sebut saja rudal PL-10 dan PL-15 Tiongkok.

Sayap Panjang II

Selain jet tempur, Pakistan juga menggunakan drone buatan China, Wing Loong II. Kendaraan udara tak berawak ini merupakan versi perbaikan dari Wing Loong I (MALE). Ini 3 Mesin Tempur Buatan China yang Dipakai Pakistan untuk Serang Iran

Mengacu pada Drone Militer, Wing Loong II memiliki panjang 11m, lebar sayap 20,5m, dan tinggi 4,1m. Dikatakan beroperasi selama 32 jam, drone ini mampu mencapai kecepatan hingga 370 km/jam.

Dalam penggunaannya, Wing Loong II terutama digunakan untuk misi pengawasan dan pengintaian udara. Selain itu, drone ini juga dilengkapi dengan berbagai senjata untuk melakukan operasi ofensif atau tempur.

Beberapa senjata yang dapat dibawa oleh drone Tiongkok adalah rudal, roket, dan bom berpemandu. Contohnya termasuk bom berpemandu laser GB3 250 kg dan TL-10.

Ini adalah uji coba senjata Tiongkok yang digunakan Pakistan untuk menyerang Iran.