Dear Petugas KPPS, Catat Ciri-ciri Kelelahan Agar Tak Tumbang saat Bertugas

Sugeng rawuh Ebadi di Website Kami!

Jakarta – Dear Petugas KPPS, Catat Ciri-ciri Kelelahan Agar Tak Tumbang saat Bertugas

Kondisi kesehatan anggota KPPS pada pemilu tahun ini mengkhawatirkan banyak organisasi. Lain cerita dengan kejadian kelelahan massal yang dialami petugas KPPS pada pemilu 2019 agar tidak terulang kembali pada pemilu 2024. Ungkap Ciri Stres Saat Coblosan, Dokter Jiwa: Pemilu Harusnya Menyenangkan

Kementerian Kesehatan RI sebelumnya mengungkapkan, ada 894 anggota KPPS yang meninggal pada pemilu 2019. Selain itu, pada periode yang sama, terdapat 5.175 anggota KPPS lainnya yang mengalami sakit.

Pakar bisnis Dr. Dewi Yunia, SpOK, mengatakan jam kerja yang panjang dan kelelahan menjadi salah satu faktor yang diyakini menjadi penyebab terjadinya peristiwa pada pemilu 2019. Ia meminta para petugas KPPS bisa mengenali tanda-tanda kelelahan jika harus mewaspadainya. dan dapat berakibat fatal.

Gejala kelelahan bisa berupa rasa haus, pusing, sakit kepala yang sering diabaikan, kata Dr. Yunia kepada detikcom, Rabu (7/2/2024).

“Kepedulian yang sering diabaikan bisa menimbulkan keinginan untuk marah. Jadi rasa prihatin itu membuat orang ingin marah, itu biasa terjadi,” lanjutnya.

Dr. Yunia mengatakan, petugas KPPS harus bisa memahami kondisi tubuhnya. Jika Anda merasa mengalami perubahan gejala kelelahan atau merasa tidak enak badan, Anda bisa beristirahat sejenak.

Ia juga mengenang risiko dehidrasi yang dihadapi petugas KPPS. Jika konsumsi air minum tidak mencukupi dan disertai rasa lelah yang luar biasa akibat jam kerja yang panjang, maka kondisi kesehatan petugas KPPS bisa sangat berbahaya. Tanda dehidrasi yang paling jelas adalah perubahan buang air kecil.

Selain itu, Dr. Yunia juga memiliki tingkat stres tertinggi yang dialami petugas KPPS. Hal ini juga menjadi faktor risiko tingginya angka kesakitan dan kematian pada pemilu 2019 yang harus diatasi pada tahun ini.

“Petugas KPPS pada Pemilu 2019 juga banyak yang terkena tekanan tinggi, dimana tekanan tersebut mengganggu pikiran seseorang sehingga mempengaruhi kondisi orang tersebut,” kata Dr. Yunia. Dear Petugas KPPS, Catat Ciri-ciri Kelelahan Agar Tak Tumbang saat Bertugas

“Sehingga tekanan ‘tidak bersalah’ menjadi tekanan yang kuat terhadap para pejabat KPPS saat itu,” tutupnya. Simak video “KuTips: Rumus 4C Agar Pejabat KPPS Tak ‘Gagal’ di Pilkada” (avk/suc)