Badan POM Rilis Nomor Batch Obat Sirup Termorex yang Ditarik dari Pasaran

Sugeng rawuh Ebadi di Portal Ini!

Ebadi – Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) terus menguji air anak-anak yang diduga terkontaminasi etilon glikol. Badan POM Rilis Nomor Batch Obat Sirup Termorex yang Ditarik dari Pasaran

Salah satu akibatnya adalah tidak semua obat anak Termorex dikeluarkan dari pasaran. Imlek 2024, Tahun Naga Kayu Diprediksi Bawa Kenaikan Angka Kelahiran di China

Kepala Badan POM Penny K Lukito menjelaskan obat yang terdampak hanya merek tertentu dengan izin edar DBL7813003537A1, karton dan botol plastik ukuran 60 ml.

Selain itu, Penny mengatakan air tersebut aman digunakan.

Penny mengatakan, “Sirup demam Thermorex awalnya dinyatakan aman, namun kami kembalikan dengan melihat sampel dan pengujian dari kelompok lain, dari pusat distribusi berbeda, tempat berbeda, dan waktu produksi. dalam konferensi pers virtual. , Minggu (23/10/2022).

Penny mengatakan Termorex yang dikabarkan tidak aman ditarik dari pasaran.

Saat ini ada pula yang terbukti aman karena kandungan etilen glikol masih dalam batas aman, yakni kurang dari 0,5 miligram.

Meski demikian, Penny menegaskan, hasil uji kontaminasi etilen glikol dan dietilen glikol pada obat tidak berarti penggunaan obat ada kaitannya dengan kejadian gagal ginjal pada anak.

“Tugas kami adalah mencoba menunjukkan bukti perilaku aman seperti apa yang diciptakan dan mana yang melebihi standar. Sebagai tindakan yang aman, ingat dan lainnya harus ditetapkan, untuk menunjukkannya.”

Tapi kalau dikaitkan dengan gagal ginjal, saya kira itu bukan tugas kita karena perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menunjukkan sebab dan akibatnya,” ujarnya. Badan POM Rilis Nomor Batch Obat Sirup Termorex yang Ditarik dari Pasaran

Ia kembali menegaskan, Badan POM mempunyai kewenangan untuk menyalurkan obat-obatan yang tidak aman dan tidak aman kepada masyarakat.