5 Cara Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami dan Tanpa Obat

Selamat datang Ebadi di Website Kami!

Jakarta – 5 Cara Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami dan Tanpa Obat

Ginjal merupakan organ penting yang kesehatannya harus selalu dijaga. Jika Anda mengabaikan perawatan kesehatan ginjal, lambat laun organ ini akan kehilangan fungsinya dan mengalami berbagai jenis gangguan seperti batu ginjal.

Menurut situs National Kidney Foundation, batu ginjal merupakan endapan keras yang terbentuk dari kristalisasi bahan kimia dalam urin. Bahan kimia yang dapat membentuk batu ginjal antara lain kalsium, oksalat, sistein, xantin, dan fosfat. Pertama di Dunia, Remaja Belgia Berhasil Sembuh dari Kanker Otak Paling Mematikan

Biasanya, bahan kimia tersebut dapat membentuk kristal ketika tubuh kekurangan asupan cairan. Kristal-kristal tersebut kemudian akan bergabung dengan zat lain sehingga membentuk endapan yang cukup besar. Endapan ini mungkin tertinggal di ginjal atau masuk ke saluran kemih. Batu ginjal yang berukuran kecil mungkin tidak menimbulkan gejala nyeri karena pergerakannya. Namun, pada kasus batu ginjal yang cukup besar, pergerakan ginjal atau ureter dapat menyebabkan sakit perut atau punggung.

Selain rasa nyeri, batu ginjal juga dapat menimbulkan gejala seperti: Urine berdarah Mual dan muntah Demam Urine dingin, berbusa, dan berbau busuk Urine tidak lancar atau urine yang keluar sedikit Cara Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal dapat diobati dengan beberapa cara. Ada yang mengonsumsi obat dari dokter, namun banyak juga yang memilih mengobati batu ginjal secara alami dan tanpa obat.

Jika detikers termasuk yang sedang mencari cara mengobati batu ginjal secara alami, berikut beberapa upaya yang bisa diterapkan. kelulusanku

Seperti disebutkan di atas, kurangnya asupan cairan dalam tubuh meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal. Sebab dehidrasi merupakan salah satu faktor penyebab batu ginjal. Tak hanya itu, kekurangan cairan juga membuat batu ginjal sulit dikeluarkan melalui urin.

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum 2 liter air sehari, atau sekitar delapan gelas berukuran 250 cc, sudah cukup untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Tanda tubuh terhidrasi dengan baik adalah warna urine yang kuning muda atau pucat. Jika urine berwarna gelap, berarti tubuh kekurangan cairan. Kurangi konsumsi garam

Pola makan tinggi garam juga bisa menyebabkan batu ginjal. Karena kadar garam yang terlalu tinggi dapat menghambat penyerapan kalsium dalam urin ke dalam darah. Akibatnya, kadar kalsium dalam urin meningkat sehingga meningkatkan risiko batu ginjal.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi asupan garam agar kalsium dalam urin Anda tetap rendah. Hindari juga makanan tinggi garam, seperti daging olahan, kentang goreng, dan beberapa makanan kaleng. Minumlah jus lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mencegah pembentukan batu ginjal karena kalsium. Menurut Healthline, asam sitrat dapat memecah endapan kecil sehingga mudah dikeluarkan dari tubuh.

Selain itu, jus lemon kaya akan antioksidan seperti vitamin C yang melindungi tubuh dari peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Gunakan cuka sari apel 5 Cara Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami dan Tanpa Obat

Cuka apel mengandung asam asetat yang mampu melarutkan batu ginjal. Tak hanya itu, cuka apel juga mampu meredakan gejala nyeri akibat pergerakan batu ginjal.

Namun penggunaan cuka apel tidak boleh berlebihan karena berpotensi menimbulkan efek samping, antara lain: hilangnya enamel gigi. Asam lambung naik (acid reflux) Sakit tenggorokan 5. Makan kaldu kacang merah.

Kaldu yang dimasak dengan kacang merah atau kacang merah dipercaya mampu mengeluarkan batu ginjal berukuran kecil dari dalam tubuh. Tak hanya itu, kaldu kacang merah membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh sehingga meningkatkan kesehatan ginjal dan saluran kemih. Tonton video “Bukan Mitos! Sering Retensi Urin Bisa Sebabkan Batu Ginjal” (ath/naf)