10 Makanan Pengganti Nasi yang Nggak Bikin Buncit, Mengenyangkan, Sehat

Wecome Ebadi di Situs Kami!

Jakarta – 10 Makanan Pengganti Nasi yang Nggak Bikin Buncit, Mengenyangkan, Sehat

Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia yang tidak lepas dari konsumsi sehari-hari. Beras merupakan sumber energi utama yang memungkinkan tubuh menjadi produktif.

Selain nasi, ternyata ada 10 pilihan lain yang memberikan manfaat serupa. Pilihan ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang bosan makan nasi atau mencoba makanan lain.

Sebagai pengganti nasi, tersedia berbagai macam umbi-umbian, sayuran, dan biji-bijian. Berikut informasi lengkap mengenai diet dan manfaatnya. 1. biji gandum

Quinoa merupakan sejenis biji-bijian yang telah menjadi makanan pokok di Amerika Selatan selama ribuan tahun. Bijinya bisa dijadikan pengganti nasi karena mengandung sembilan asam amino esensial. Perkenalkan Layanan Terbaik, Eka Hospital Gelar Seminar Manajemen Disfungsi Ereksi bagi Para Dokter

Makanan ini juga merupakan nutrisi yang menyehatkan jantung dan memiliki efek hipoglikemik yang dapat membantu menurunkan gula darah. Kandungan proteinnya jauh lebih tinggi dibandingkan nasi. 2. Jelai

Barley adalah biji-bijian yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Pengganti nasi ini cocok untuk orang yang ingin mengonsumsi makanan kaya serat.

Barley mengandung antioksidan yang disebut lignan yang membantu melindungi dari kerusakan sel. Kandungan serat dan proteinnya jauh lebih tinggi dibandingkan nasi. Selain itu, jelai mengandung lebih dari 30 nutrisi, misalnya fitosterol, beta-glukan, tokol, dan mineral yang dapat membantu melawan asam urat dan kanker. Roti

Sukun kaya akan karbohidrat dan protein serta rendah kalori. Mengutip buku Beberapa Tanaman Sumber Karbohidrat karya Nisa Amalia, remah roti mengandung asam amino esensial yang tidak diproduksi tubuh manusia. Jika dijadikan tepung, nilai gizinya sama dengan beras. 4. Kubis

Kubis merupakan salah satu sayuran yang bisa dijadikan alternatif pengganti nasi. Biasanya orang memakan kubis dengan cara diparut.

Sayuran ini rendah kalori dan karbohidrat, serta kaya vitamin dan mineral. Kubis juga kaya akan kalsium, senyawa bioaktif, vitamin C, dan vitamin E. Kandungan tersebut membuat kubis mampu melindungi tubuh dari kolesterol tinggi, gangguan liver, pankreatitis, dan penyakit jantung. Kol bunga

Selain kubis, kembang kol juga bisa dijadikan pengganti nasi. Sayuran ini bisa Anda santap dengan cara dipotong kecil-kecil agar teksturnya menyerupai nasi. Kembang kol rendah karbohidrat dan kalori. 6. Brokoli

Sama seperti kembang kol, brokoli juga merupakan alternatif pengganti nasi bagi mereka yang menjalani diet rendah karbohidrat atau rendah kalori. Brokoli mengandung antioksidan kuat dan mampu melawan kanker.

Sayuran ini juga mengandung 92,5 mg vitamin C yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Jumlah vitamin C yang dianjurkan adalah 90 mg untuk pria dan 75 mg untuk wanita. Shirataki

Shirataki adalah makanan populer di sebagian Asia. Makanan pengganti nasi yang cocok ini rendah karbohidrat dan kalori serta kaya serat glukomanan.

Mirip dengan kentang, shirataki dibuat sebagai sereal berupa nasi. 100 gram nasi shirataki menyediakan 10 kalori dan 5 gram karbohidrat. kentang

Pengganti nasi selanjutnya adalah kentang. Cara konsumsinya bisa dengan direbus, dikocok atau dibakar. 10 Makanan Pengganti Nasi yang Nggak Bikin Buncit, Mengenyangkan, Sehat

Umbi jenis ini sudah dimakan sejak zaman dahulu. Khasiat kentang diantaranya adalah : efek antioksidan, efek anti inflamasi, efek anti kanker, menurunkan kolesterol, menurunkan gula darah. 9. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung karbohidrat, zat gizi mikro, serat dan mineral. Jika dimakan, ubi jalar dapat membantu melindungi terhadap penyakit kardiovaskular dan kanker berkat sifat antioksidannya. 10. nasi merah

Menurut Better Homes & Gardens, nasi merah bisa menjadi alternatif yang bagus untuk nasi putih. Beras merah sendiri merupakan gandum utuh yang memiliki protein 25% lebih banyak dan serat enam kali lebih banyak dibandingkan nasi putih. Nasi merah membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak dibandingkan nasi putih.

Itulah beberapa rekomendasi pengganti nasi yang bisa Anda konsumsi. Apakah Anda ingin mencoba salah satunya? Saksikan video “Apa Kata Penjual Tentang Masakan ‘Nasi Minyak’ Bebek Surabaya yang Viral” (baris/baris)